SUPERSEMAR


Supersemar. Surat Perintah Sebelas Maret. Adakah kemarin yang memperingati Supersemar? Satoe Maret dan Sebelas Maret dua tanggal yang bisa menimbulkan perdebatan sejarah buat Indonesia.

Jika orang memperingati Supersemar, Aku ingatnya aku gak lulus seleksi mahasiwa penerima beasiswa Supersemar dulu di tahun 80-an. Akhir nya aku dapat beasiswa yang tak kurang uniknya. Aku dapatnya beasiswa BJLK plus tinggal di asrama barrac di Bandung bayarnya 2 ribu rupiah per bulan dengan jatah makan yang sering hilang jika terlambat diambil.

BJLK adalah BEASISWA JURUSAN LANGKA DAN KERING. Aku tak paham betul mengapa diberi nama itu. Apakah jurusan sekolah ku di ITB ( Fisika ) dulu termasuk jurusan langka dan kering. Kesannya kok kaya menghina ya? Sound ejektive…:) Apa nya yang langka dan kering ya? Padahal langka mahasiswi juga nggak…:) Apakah langka peminat dan kering penghasilan untuk lulusannya sehingga perlu diberi beasiswa insentif agar banyak peminatnya.

Tapi jaman itu kami tak peduli dengan nama beasiswa yang penting tiap bulan kami dapat tambahan uang yang besarnya dua kali lipat uang kiriman orang-tua kami. Setiap minggu ke tiga, bersama penerima beasiswa Supersemar, kami sudah rindu pada BJLK untuk menyambung hidup sebagai mahasiswa.

Setelah lulus di tahun 85 aku bisa bekerja di HUFFCO dan aku mengerti bahwa jurusanku memang langka peminat tapi tidak kering juga….Hahaha….:) ( Alhamdulilah! )

Selamat merayakan Hari Raya Nyepi…..dan menikmati liburan…

– Posted using BlogPress from my iPad

About Arif Wibowo

Passion on Photography Live in Jakarta, Indonesia. Working in oil and gas company. Like traveling, bicycle, and photography. Born in Sukabumi, West Java. Graduate from Physics ITB 1985.
This entry was posted in Indonesia, Myself, Opini and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

