Jadi Penulis, Apakah bisa?


Apakah bisa, aku menjadi penulis novel yang bisa mengharu-biru pembacanya? Aku saja tak tahan mendengar kisah nyata yang sedih. Sejak kecil aku biasa menata hidupku begitu terencana dengan cermat. Sehingga, puji Tuhan, hidupku lancar dan hampir selalu sesuai ekspektasiku.

Sebelum menikah dulu aku punya teman seorang petroleum engineer, Edward Tobing namanya. Aku lajang dan dia pun lajang. Namun dia 3 tahun lebih tua daripadaku. Pada suatu hari, selesai makan siang bersama di kantor, aku tanya padanya, mengapa dia belum menikah dan mengapa belum punya pacar. Padahal sebagai konsultan dia banyak uang dan tampang juga ganteng. Lalu dia jawab bahwa baginya hidup mengalir saja tak perlu dibuat target-targetan. Lalu dia balik kasih pertanyaan sama padaku. Aku lupa apa jawabanku persisnya. Tapi tanggapan dia atas jawabanku yang kuingat adalah bahwa ia menilai aku sangat cermat buat rencana dan target hidup seakan aku tak akan gagal atau jatuh. Jika rencana satu gagal selalu ada rencana dua dan tiga yang semuanya membuat hidupku aman.

Aku memang tidak mau hidup susah jika memang itu bisa dihindarkan dan direncanakan dengan baik. Sedemikian ekstrimmya kesannya aku sangat rasional tanpa unsur untung-untungan sama sekali. Nyaris tanpa petualangan dramatis. Yang ada hanya petualangan di alam bebas.

Percakapan ku dengan Edward Tobing itu kini sudah berlalu lebih dari 25 tahun yang lalu. Aku bersyukur pada Tuhan bahwa aku punya keluarga yang bahagia dan anak-anak yang hampir semua sudah kuliah. Nah, sekarang aku pengin jadi penulis sastra? Dari mana aku punya bahan untuk membuat cerita yang bisa mengharu-biru? Tapi aku yakin suatu ketika akan punya gaya tulisan yang khas dan memukau pembaca tanpa mngandalkan pengalaman pribadi yang dramatis seperti banyak penulis cerita-cerita dramatis itu.

– Posted using BlogPress from my iPad

About Arif Wibowo

Passion on Photography Live in Jakarta, Indonesia. Working in oil and gas company. Like traveling, bicycle, and photography. Born in Sukabumi, West Java. Graduate from Physics ITB 1985.
This entry was posted in Opini and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

