Kemiskinan Jadi Komoditi


Komoditi artinya barang dagangan atau sesuatu yang bisa digunakan untuk mendapatkan keuntungan materi. Kemiskinan bisa menjadi komoditi. Kemiskinan bukan menjadi lahan untuk berbagi kasih Tuhan tetapi sebagai lahan untuk mencari keuntungan materi pribadi.

Pada bacaan pagi ini, Yoh.12: 1-11, aku tertarik dengan kata-kata Yesus yang mengatakan pada Yudas Iskariot, lengkapnya begini. Maka kata Yesus ” Biarkanlah dia melakukan hal ini mengingat hari penguburan-Ku. Karena orang-orang miskin selalu ada pada kamu, tetapi Aku tidak akan selalu ada pada kamu”.

Yesus berkata demikian menanggapi kritikan dan usulan Yudas Iskariot tentang perbuatan Maria, saudari Marta, yang menghamburkan minyak wangi mahal untuk membasuh kaki Yesus. Yudas melihat itu sebagai pemborosan tak perlu dan minyak itu bisa dijual, uangnya untuk menyantuni orang miskin. Sementara Yesus melihat perbuatan Maria sebagai sikap hormat pada Tuhan yang menjelang hari kematian-Nya.

Aku menangkap bahwa banyak orang yang secara vokal demonstratif menyatakan bahwa dia prihatin dengan orang-orang miskin. Dia atau mereka ini selalu sigap mau mengadakan aksi-aksi untuk menolong orang miskin, tetapi sebenarnya mereka menggunakan orang miskin untuk mengumpulkan uang yang sebagian atau semuanya akan diambil menjadi miliknya. Itulah kesan yang kutangkap dari kata-kata Yudas Iskariot dalam bacaan pagi ini. Maka Yesus berkata pada Yudas : orang miskin selalu ada padamu, ( selalu memikirkan orang miskin untuk dimanfaatkan) tetapi Aku ( Tuhan ) tidak selalu ada padamu.

About Arif Wibowo

Passion on Photography Live in Jakarta, Indonesia. Working in oil and gas company. Like traveling, bicycle, and photography. Born in Sukabumi, West Java. Graduate from Physics ITB 1985.
This entry was posted in Christianity, Myself, Opini and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s