Krisis Melahirkan Pemimpin


Zona nyaman adalah tantangan paling berbahaya untuk pribadi yang ingin maju dan menjadi besar bahkan survive, demikian juga dengan kehidupan suatu korporasi.

Aku coba mereka dan menafsirkan apa moto tersembunyi dari korporasi ini. Aku tak tahu apa istilah yang tepat: apakah moto, apakah karakter, apakah kepercayaan, tapi kelihatannya korporasi ini percaya bahwa krisis melahirkan pemimpin yang bisa membawa perusahaan ini menjadi lebih besar. Jangan-jangan situasi krisis ini memang diciptakan oleh pemilik korporasi untuk menyaring dan mendapatkan karyawan yang berkualitas tapi loyal, tapi yang sangat diperlukan adalah lahirnya pribadi yang tahu cara dan berani menyeberang jurang mengatasi krisis. Kepercayaan bahwa krisis melahirkan pemimpin sangat mungkin untuk tidak dinyatakan secara terbuka tetapi dipercaya kebenarannya.

Ketika kita dihadapkan pada krisis di bibir jurang, kita tidak punya banyak pilihan. Mundur dan kembali atau jalan di tempat menghabiskan waktu dan bekal kita. Atau menyeberangi jurang dengan cara menuruni jurang hingga ke dasar lalu mendaki lagi hingga ke bibir jurang di seberang.

Cara ini kelihatannya aman tetapi bisa banyak makan waktu dan tenaga. Atau kita kumpulkan keberanian dan tenaga kita lompati jurang ini dan mendarat di bibir jurang diseberang.
Jika kita menuruni jurang mumgkin itu sangat aman, tetapi jika ada orang lain yang bisa dan berani melompat, kita akan tertinggal dalam persaingan berlomba menyeberang.

Itu semua adalah pilihan-pilihan yang sulit. Semua pilihan itu mengandung resiko.itu menjadi pilihan keputusan eksekutif puncak korporasi. Sebagai badan dan ekor dari Sang Kepala kita perlu siap, sigap dan satu refleks dengan Sang Kepala maka gerakan korporasi ini akan tepat memijakkan kakinya di seberang jurang.

About Arif Wibowo

Passion on Photography Live in Jakarta, Indonesia. Working in oil and gas company. Like traveling, bicycle, and photography. Born in Sukabumi, West Java. Graduate from Physics ITB 1985.
This entry was posted in Opini, Petroleum. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s