Buku Ziarah Batin dan Berdoa di Kantor


Sedang aku khusuk membaca Ziarah Batin, anak-anak buah ku lewat dan mampir di depan kantorku untuk menyapa dan menyampaikan salam : Selamat pagi Pak, apa kabar. Pak ada salam dari teman bapak..dan bla-bla-bla.

Buku Ziarah Batin adalah buku yang berisi renungan untuk dibaca setiap hari selama satu tahun. Buku ini menunjukkan bacaan Alkitab setiap harinya berdasarkan kalender loturgi Gereja Katolik. Aku menyukai buku Ziarah Batin ini. Setiap akhir tahun aku selalu membeli buku ini untuk bacaan di tahun berikutnya. Kami selalu beli dua, satu untuk di rumah dan satu untukku, ku taruh di kantor.

Setiap pagi, di hari kerja aku tiba di kantor sekitar jam 6.30 atau jam 6.45. Masih ada waktu 15 menit sebelum jam 7 untuk baca buku Ziarah Batin. Tentunya mebaca Ziarah Batin dan merenungkan bacaan hari itu adalah doa. Karena di akhir renungan selalu ada satu dua baris kalimat doa yang sesuai dengan renungan hari itu.

Orang-orang di kantor ku mungkin bertanya-tanya tentang aku. Apakah Pak Arif berdoa di kantor? Teman-teman Muslim disediakan satu ruang solat kecil di setiap lantai. Semua orang bisa lihat siapa saja yang solat di situ. Teman-teman Kristen Protestan menggunakan satu ruang rapat seyiap Jumat untuk kebaktian bersama. Akupun selalu diundang untuk hadir, tapi tak pernah mau ikut hadir.

Aku berdoa di kantor secara sangat pribadi sesuai kerinduanku. Membaca dan merenungkan sajian harian dari Ziarah Batin setiap pagi di jam yang aku sebutkan diatas adalah doa ku di kantor. Aku lakukan itu di meja kerja di ruanganku yang terbuka. Sedang aku khusuk membaca Ziarah Batin, anak-anak buah ku lewat dan mampir di depan kantorku untuk menyapa dan menyampaikan salam : Selamat pagi Pak, apa kabar. Pak ada salam dari teman bapak..dan bla-bla-bla. Aku senang mereka menyapaku setiap pagi. Terasa mereka mamancarkan energinkasih dan salam damai. Sayang mereka menyampaikannya di saat aku khusuk berdoa di saat teduhku.

About Arif Wibowo

Passion on Photography Live in Jakarta, Indonesia. Working in oil and gas company. Like traveling, bicycle, and photography. Born in Sukabumi, West Java. Graduate from Physics ITB 1985.
This entry was posted in Christianity, Myself. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

