Pekerja Kontrak Waktu Tertentu


Pekerja Kontrak Waktu Tertentu atau biasa disebut sebagai PKWT adalah pegawai dengan ikatan kontrak dengan perusahaan untuk masa waktu tertentu. Ini adalah lawan dari pegawai tetap. Pegawai ini mempunyai ikatan kerja langsung dengan perusahaan. Bentuk yang lain adalah third party contract employee atau pekerja yang dikontrak melalu perusahaan pengerah tenaga kerja. Kadang suka disebut out-sourcing employee atau karyawan alih daya. Rasanya istilahnya rada aneh, tapi itulah terjemahan yang biasa dipakai.

Sore tadi secara mendadak datang email dari unit usaha kepada departemen personalia untuk memperpanjang kontrak PKWT salah satu pegawai. Kontrak pegawai ini akan habis tanggal 30 April 2011 bulan ini. Waktu untuk memprosesnya sudah kurang satu bulan.

Email permintaan ini ditembuskan juga kepadaku. Aku sebagai head of Geoscience yang bertanggungbjawab atas kualitas technical staff sangat berkepentingan dengan prosedur perpanjangan kontak pegawai ini, karena pegawai ini adalah geologist.

Aku protes pada permintaan yang sangat mendadak ini dan agak terlambat. Menurutku permintaan perpanjangan ini harus diajukan paling lambat 1.5 bulan sebelum habis kontrak. Karena dalam perjanjian ada pasal -one month notice- artinya perusahaaan atau pegawai jika bermaksud tak memperpanjang hubungan kerja harus memberi tahu 1 bulan sebelum kontrak berakhir.

Untuk bisa meperpanjang kontrak, atasan pengguna jasa PKWT ini harus menyelesaikan performance evaluation pegawai ini sebagai alasan mengapa pegawai ini kontraknya akan diperpanjang untuk satu tahun. Artinya masa efektif bekerja dari pegawai ini adalah 10 bulan untuk bisa dievaluasi. Sering terjadi Sang Atasan pengguna jasa PKWT ini lupa bahwa kontraknya sudah bulan terakhir. Padahal tenaga pegawai ini masih diperlukan. Yang terjadi adalah proses jadi terburu-buru sambil menabrak prosedur dan kualitas recruitment tak bisa dipertanggung jawabkan. Akhirnya lama-kelamaan kualitas sumber daya manusia perusahaan itu bisa menurun karena tak ada kehati-hatian dalam proses recruitment.

Pada dasarnya para line manager atau Sang Atasan pengguna jasa PKWT ini juga berfungsi sebagai manager personalia auat HR Manager terhadap anak buahnya. Sementara Departmen HR sebagai pemberi jasa penyelesaian prosedur, bukan inisiator penyelesaian masalah atau status kepegawaian karyawan.

About Arif Wibowo

Passion on Photography Live in Jakarta, Indonesia. Working in oil and gas company. Like traveling, bicycle, and photography. Born in Sukabumi, West Java. Graduate from Physics ITB 1985.
This entry was posted in Myself. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s